Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Apabila laptop kamu yang sudah memakai versi Windows 10 dan sering lemot maka disini kami akan membahas cara mengatasi laptop lemot Windows 10.

Sistem Windows 10 pada laptop ataupu PC merupkan versi yang paling digunakan oleh seluruh masyarakat pengguna di dunia.

Bisa dibilang bahwa sistem operasi Windows 10 ini merupakan versi terbaru dan memiliki fitur-fitur yang lebih bagus untuk digunakan.

Hadirnya sistem operasi Windows 10 pada laptop ini memberikan pembaruan-pembaruan terbaru terkait dengan fitur ataupun sistem yang ada

Namun, meskipun sering memberikan update terbaru tetapi banyak yang mengeluh bahwa laptop sering kali menjadi lemot padahal sudah memakai WIndows 10.

Hal itu tentu saja sangat membuat kesal para pengguna apalagi jika sedang ada pekerjaan yang harus dilakukan segera namun laptop lemot.

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini segala aktivitas yang kita lakukan hampir semuanya menggunakan perangkat elektronik.

Jadi, ketika ada suatu kendala yang dialami oleh perangkat tersebut tentunya akan menghambat proses aktivitas yang dilakukan.

Nah, apakah laptop lemot tersebut disebabkan karena memakai sistem operasi Windows 10? Sebenarnya tidak semua penyebab laptop lemot adalah karena sistem Windowsnya.

Bisa jadi ada hal lain yang menyebabkan terjadinya lemot pada laptop seperti perangkat yang sudah tua dan masih banyak lagi.

Lalu ketika terjadi laptop lemot dan laptop tersebut memakai sistem Windows 10 bagaimanakah cara mengatasinya?

Nah, pada kesempatan ini admin lpmplampung.id akan memberikan penjelasan tentang cara mengatasi laptop lemot Windows 10.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Cara untuk mengatasi laptop lemot

Ketika sedang mengerjakan sesuatu di dalam laptop dan tiba-tiba laptop menjadi lemot adalah suatu kejadian yang sangat mengesalkan.

Meskipun sudah memakai sistem Windows versi terbaru tapi masalah lemot merupakan kendala yang tidak bisa terelakkan.

Oleh karena itu, kita sebagai pengguna harus mengetahui cara mengatassi laptop lemot agar bisa bekerja seperti sedia kala.

Nah, pasti banyak yang belum tahu nih bagaimana sih cara mengatasi laptop lemot terutama untuk penggunakan yang memakai Windows 10.

Dengan senang hati disini admin akan menjelaskan tentang cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop lemot pada Windows 10.

Baca Juga : Safe Mode Windows 10

Restart Laptop

Jika kamu adalah seseorang yang hampir menghabiskan seluruh waktunya di depan laptop maka harus selalu melakukan cara yang satu ini.

Hal ini bertujuan untuk menigkatkan performa Windows agar laptop tidak lemot akibat dari cache yang menumpuk karena dipakai terus menerus.

Cara ini bisa dilakukan dengan mudah yaitu itu kamu hanya perlu mematikan lalu menghidupkan kembali laptop ataupun menekan tombol “Restart”.

Apabila telah selesai melakukan semua pekerjaan maka jangan lupa untuk mematikan semua program berjalan dan simpan data sudah dikerjakan.

Gunakan Aplikasi Yang Dibutuhkan Saja

Ketika sudah selesai menggunakan satu aplikasi maka biasakan untuk menutup kembali aplikasi tersebut agar peforma Windows tetap terjaga.

Karena bisa jadi laptop yang kamu gunakan menjadi lemot akibat banyaknya aplikasi yang kamu jalankan dalam satu waktu yang sama.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menutup atau menggunakna program aplikasi seperlunya saja agar kinerja laptop tetap terjaga.

Hapus Program Yang Tidak Penting

Hapus Program Yang Tidak Penting

Salah satu hal yang menyebabkan laptop menjadi lemot adalah karena banyaknya program di dalam laptop yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Jadi, ketika kamu sudah merasa laptop mulai lemot maka kamu bisa pilih program-program yang sekiranya tidak terlalu penting untuk dihapus.

Cara ini bisa digunakan untuk mengembalikan kinerja laptop agar berjalan lancar seperti sedia kala terutama ketika memakai Windows 10.

Gunakan dengan bijak memori penyimpanan pada laptop mu dan usahakan untuk mendownload program yang penting saja.

Bersihkan Virus

Bersihkan Virus

Penyebab utama dari suatu sistem di laptop bisa melambat biasanya karena ada virus yang mengganggu kinerja laptop tersebut.

Maka dari itu kita sebagai pengguna harus selalu aware terhadap program ataupun file yang diunduh ke dalam laptop tersebut.

Untuk itu kita harus rutin untuk melakukan scanning virus terutama pada laptop yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10.

Tetapi bagi kamu yang belum melakukan upgrade menjadi Windows 10 bukan berarti tidak melakukan hal yang sama karena virus tidak mengenal seberapa tinggi sistem perangkat lunak.

Oleh karena itu, di setiap laptop harus memiliki program atau aplikasi antivirus terbaru agar memudahkan mu dalam melakukan scanning virus.

Bersihkan File Pada Folder Prefecth

Bersihkan File Pada Folder Prefecth - Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menghapus file-file pada folder prefecth agar menambah kinerja Windows 10 pada laptop tidak lemot

Sebagai pengguna kita harus rutin menghapus file-file tersebut supaya daya kerja dari laptop yang dimiliki tidak lemot.

Apabila kamu belum tahu cara untuk menghapus file-file pada folder pretech maka simak langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini.

  • Pertama, pastikan bahwa kamu telah mengaktifkan perangkat laptopmu.
  • Kemudian klik tombol kombinasi pada keyboard yaitu tombol “Windows+R”.
  • Setelah itu tekan “Prefecth” lalu klik enter.
  • Apabila ada notifikasi izin administrator maka klik “Oke”.
  • Setelah itu hapus seluruh file yang ada di dalam folder tersebut agar laptopmu bisa kembali seperti sedia kala.

Nah, itu dia langkah-langkah untuk mengatasi laptop lemot dengan cara menghapus segala macam file yang ada di folder prefecth.

Perbarui Windows 10

Pihak microsoft selalu melalukan pembaruan pada sistem Windows 10 untuk memperbaiki sistem dan bug yang sering terjadi di laptop.

Walaupun tidak semua perbaruan tersebut terasa secara signifikan terhadap kinerja laptop tetapi dengan melakukan pembaruan maka bisa membawa perubahan untuk efisiensi sistem.

Turn Off Aplikasi Di Startup Windows

Turn Off Aplikasi Di Startup Windows

Setiap aplikasi yang ada di dalam laptop biasanya suka otomatis menyala meskipun kamu sedang tidak menggunakannya.

Hal itu sering kali menyebabkan kinerja dari laptop mu melambat sehingga membuat laptop yang digunakan tersebut menjadi lemot.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut maka ada cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mematikan atau turn off aplikasi yang otomatis menyala tersebut.

Adapun langkah-langkah untuk mematikan aplikasi yang otomatis menyala di startup Windows adalah sebagai berikut.

  • Pertama, pastikan bahwa kamu telah mengaktifkan perangkat laptop.
  • Kemudian klik tombol kombinasi pada keyboard yaitu tombol “Windows+R”.
  • Selanjutnya ketik kata berikut “msconfig” lalu tekan tombol enter pada keyboard.
  • Kemudian akan muncul daftar aplikasi atau program yang otomatis menyala maka langsung saja pilih “Disable”.

Nah, itu di langkah-langkah untuk menonaktifkan program-program yang suka otomatis menyala saat startup Windows.

Menambah Kapasitas Ruang Penyimpanan

Bukan suatu hal yang tidak mungkin apabila kapasitas pada ruang penyimpanan milik laptop mu sisa sedikit maka kinerja laptop akan melambat atau menjadi lemot.

Biasanya hal itu disebabkan karena kamu terlalu banyak menyimpan program aplikasi dengan ukuran file yang lumayan besar sehingga menghabiskan space penyimpanan.

Oleh karena itu, apabila laptop yang kamu gunakan itu lemot maka bisa saja mengatasinya dengan cara hapus program tidak penting terutama yang berukuran besar.

Dengan menambah kapasitas ruang penyimpanan maka kinerja laptop mu tidak akan melambat karena hard disk tidak bekerja terlalu berat.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan apabila ingin mengatasi laptop yang lemot pada sistem operasi Windows 10.

Baca Juga : Cara Membuat Garis Tepi Di Microsoft Word

Penutup

Cukup sekian pembahasan pada kali ini mengenai cara mengatasi laptop lemot Windows 10 melalui berbagai alternatif cara yang bisa kami sampaikan.

Apabila kamu sedang mengalami kendala laptop lemot maka bisa lakukan cara-cara yang kami rekomendasikan untuk meningkatkan peforma laptop.

Semoga penjelasan yang kami berikan di dalam artikel ini mudah untuk dimengerti dan bermanfaat bagi orang yang membacanya.

Rate this post
error: Alert: Content is protected !!