Apa yang dimaksud Publikasi Ilmiah dalam konteks Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru?

Publikasi ilmiah adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperoleh  angka kredit dari unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru. Dalam hal ini guru membuat karya tulis ilmiah kemudian mempublikasikannya melalui media forum ilmiah seperti seminar ilmiah, lokakarya, dll., atau mempublikasikannya melalui media jurnal ilmiah, koran, majalah, dan lain-lain dengan syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku.

Siapa saja unsur tenaga pendidik yang wajib melakukan publikasi ilmiah, berapa jumlah angka kredit yang dibutuhkan dari subunsur publikasi ilmiah, dan apa saja jenis publikasi ilmiah yang harus dilakukan?

Jenjang jabatan guru, kebutuhan angka kredit sub unsur publikasi ilmiah, dan jenis publikasi ilmiah yang harus dilakukan dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Apa saja bentuk publikasi ilmiah yang dapat dilakukan oleh guru untuk memperoleh angka kredit?

  1. Presentasi pada forum ilmiah
  2. Publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal, meliputi: laporan hasil penelitian, tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah populer, dan artikel ilmiah.
  3. Publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, pedoman guru dan buku di bidang pendidikan, dan  karya terjemahan

Apa perbedaan antara bentuk publikasi ilmiah yang berupa laporan hasil penelitian, tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah populer, dan artikel ilmiah?

  • Laporan Hasil Penelitian. Laporan hasil penelitian adalah publikasi ilmiah yang  berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan yang telah dilaksanakan guru di sekolah / madrasahnya dan sesuai dengan tupoksinya, antara lain dapat berupa laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
  • Tinjauan Ilmiah. Makalah tinjauan ilmiah adalah publikasi ilmiah yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan yang ada di satuan pendidikan.
  • Tulisan Ilmiah Populer. Karya ilmiah populer adalah tulisan yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau sejenisnya). Karya ilmiah populer dalam kaitan dengan upaya pengembangan profesi ini merupakan kelompok tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide, atau gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan pada satuan pendidikan penulis bersangkutan.
  • Artikel Ilmiah. Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan adalah   tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah ber-ISSN.

Berapa angka kredit yang diperoleh dari masing-masing kegiatan publikasi ilmiah?

  1. Angka kredit dari kegiatan presentasi pada forum ilmiah: Sebagai pemrasaran/narasumber pada seminal/lokakarya ilmiah memperoleh angka kredit sebesar 0,2, demikian pula jika menjadi pemrasaran/nareasumber pada kegiatan kolokium/diskusi ilmiah memperoleh angka kredit sebesar 0,2.
  2. Publikasi karya tulis hasil penelitian:
    Berupa buku yang diterbitkan ber-ISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP memperoleh angka kredit 4.
    Berupa tulisan (artikel ilmiah) yang dimuat di jurnal ilmiah tingkat nasional  yang terakreditasi memperoleh angka kredit 3.
    Berupa tulisan (artikel ilmiah) yang dimuat di jurnal ilmiah tingkat provinsi yang terakreditasi memperoleh angka kredit 2.
    Berupa tulisan (artikel ilmiah) yang dimuat di jurnal ilmiah tingkat kabupaten/kota yang terakreditasi memperoleh angka kredit 1.
    Berupa laporan hasil penelitian dan telah diseminarkan memperoleh angka kredit 4.
    Tinjauan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan memperoleh angka kredit 2.
    Artikel gagasan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di jurnal tingkat nasional dan/atau terakreditasi memperoleh angka kredit 2.
    Artikel gagasan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di jurnal tingkat nasional tidak terakreditasi atau tingkat provinsi terakreditasi memperoleh angka kredit 1,5.
    Artikel gagasan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di jurnal tingkat provinsi tidak terakreditasi atau tingkat lokal (kabupaten/kota) memperoleh angka kredit 1.
    Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di media massa tingkat nasional memperoleh angka kredit 2.
    Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di media massa tingkat provinsi memperoleh angka kredit 1,5.
  3. Publikasi ilmiah berupa buku.
    Buku teks pelajaran yang lolos penilaian oleh BSNP memperoleh angka kredit 6.
    Buku teks pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan ber ISBN memperoleh angka kredit 3.
    Buku teks pelajaran dicetak oleh penerbiat tetapi belum ber-ISBN memperoleh angka kredit 1.
    Modul dan diktat yang digunakan di tingkat provinsi memperoleh angka kredit 1,5.
    Modul dan diktat yang digunakan di tingkat kabupaten/kota memperoleh angka kredit 1.
    Modul dan diktat yang digunakan di tingkat sekolah/madrasah memperoleh angka kredit 0,5.
    Buku dalam bidang pendidian yang dicetak oleh penerbit dan ber-ISBN memperoleh angka kredit 3.
    Buku dalam bidang pendidikan yang dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN memperoleh angka kredit 1,5.
    Buku pedoman Guru memperoleh angka kredit 1,5.
    Buku hasil karya terjemahan memperoleh angka kredit 1.

Apakah LPMP Lampung dapat memfasilitasi kegiatan publikasi ilmiah bagi pendidik dan tenaga kependidikan?

Ya, LPMP Lampung memiliki Jurnal ilmiah yang bernama Nuansa Pendidikan, yang sudah ber-ISSN. Untuk berpartisipasi pada jurnal ilmiah milik LPMP Lampung, silahkan kirimkan naskah karya tulis ilmiah anda baik berupa laporan hasil penelitian maupun makalah best practice ke alamat email: macrocosmo74@gmail.com.