Safe Mode Windows 10

Untuk kamu yang sedang mencari tahu bagaimana cara untuk masuk ke dalam safe mode Windows 10 maka simak penjelasan dalam artikel ini.

Mungkin ada di antara sahabat yang belum mengetahui apa arti dari safe mode dan masih asing ketika mendengar namanya.

Safe Mode adalah fitur yang ada di dalam sistem operasi windows dan dapat digunakan untuk melakukan troubleshooting saat terjadi masalah.

Adapun masalah-masalah yang biasanya terjadi adalah program tidak berjalan lancar ataupun terkena virus dan lain-lain.

Segala macam permasalahan tersebut bisa diperbaiki dengan menggunakan fitur safe mode ini dan biasanya ada di dalam setiap versi windows.

Para pengguna sangat membutuhkan fitur ini karena memang fitur safe mode merupakan salah satu komponen yang sangat penting.

Banyak yang belum tahu bagaimana cara menggunakan safe mode ataupun cara masuk ke dalam fitur safe mode di windows 10.

Padahal fitur ini sangatlah membantu kita apabila sedang terjadi masalah pada windows karena safe mode ini hanya menjalankan beberapa program saja.

Ketika ada program yang sedang bermasalah maka fitur safe mode ini akan menjalankan driver atau program yang penting saja.

Sedangkan program atau pengaturan yang sedang bermasalah tidak berjalan sehingga pengguna bisa mengetahui letak kesalahan dan segera memperbaikinya.

Pada kesempatan ini admin lpmplampung.id akan membahas mengenai cara masuk ke dalam safe mode pada sistem operasi windows 10.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai pembahasan tersebut simak ulasan yang akan admin berikan di dalam artikel ini.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Cara Masuk ke dalam safe mode

Setiap sistem operasi Windows pastinya memiliki safe mode atau mode aman yang berguna untuk memberikan sinyal ketika terjadi masalah.

Perlu kamu ketahui bahwa safe mode ini memiliki dua versi yaitu versi safe mode dan yang kedua adalah versi safe mode dengan jaringan.

Di dalam versi safe mode dengan jaringan akan menambah driver serta layanan jaringan yang dibutuhkan untuk mengakses internet dan jaringan lain di dalam komputer.

Mungkin banyak yang belum mengetahui kegunaan fitur safe mode ini karena lebih banyak yang tahu cara lamanya yaitu dengan tombol.

Ketika komputer sedang terjadi masalah seperti booting cara yang banyak orang tahu dan sering dilakukan ada dengan menekan tombo F8.

Namun, banyak juga pengguna yang merasa bahwa cara tersebut ternyata kurang efektif untuk dilakukan terutama pada sistem operasi windows 10.

Fitur safe mode ini juga bisa digunakan apabila pengguna ingin mendeteksi apakah di dalam perangkatnya terinfeksi virus atau tidak.

Khususnya bagi kamu pengguna sistem operasi windows 10 yang belum tahu bagaimana cara untuk masuk ke dalam fitur safe mode ini.

Maka disini admin akan menjelaskan cara untuk masuk ke dalam safe mode windows 10 dengan mudah dan berikut adalah caranya.

Baca Juga : Aplikasi Kompres Foto

Masuk Melalui Sistem Configuration

Sistem configuration

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk masuk ke dalam mekanisme fitur safe mode ini khususnya untuk pengguna Windows 10.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah masuk melalui sistem configuration dan cara ini bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan.

Untuk masuk ke dalam safe mode melalui cara ini terlebih dahulu kamu harus mencari “msconfig” atau bisa juga “system configuration” di dalam Windows Search setelah itu klik enter.

Setelah itu akan muncul halaman atau jendela dari sistem configuration di dalam layar komputer ataupun Laptop milikmu.

Ada beberapa tab menu yang tersedia dan kamu harus memilih tab menu “Boot” dan akan muncul beberapa opsi di dalamnya.

Di antara banyaknya opsi tersebut maka kamu perlu memberikan tanda ceklis ke dalam opsi “Safe Boot” dan di dalam opsi tersebut ada beberapa metode.

Kamu bisa memilih salah satu dari empat metode yang ada yaitu Minimal, Alternate Shell, Active Directory Repair, dan Network.

Keempat metode tersebut tentunya memiliki kegunaan masing-masing dan kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Apabila sudah menentukan ingin memilih metode yang mana maka langsung saja pilih tombol “Apply” kemudian klik “OK”.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut dengan benar maka selanjutnya akan muncul jendela pertanyaan “Apakah ingin melakukan restart ulang” maka kamu harus merestarst perangkatmu.

Apabila sudah selesai melakukan restart ulang maka sekarang sistem operasi Windows 10 pada perangkatmu sudah masuk ke dalam safe mode.

Masuk Melalui Advance Startup

Advanced Startup

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk masuk ke dalam mekanisme safe mode selain melalui sistem configurasi adalah melalui Advance Startup.

Adapaun cara yang bisa dilakukan untuk masuk ke dalam safe mode menggunakan cara ini adalah pertama pilih tombol start.

Setelah memilih tombol start langsung saja pilih menu “Settings” dan di dalam menu ini ada beberapa pilihan menu yang bisa dipilih.

Silahkan klik menu “Update & Security” kemudian langsung klik kolom “Recovery” dan setelah masuk ke dalam bagian Advance Startup pilih “Restart Now”.

Saat itu perangkat milikmu sedang berada dalam keadaan masuk recovery mode dan di dalamnya akan adalah tiga opsi pilihan.

Tiga opsi pilihan tersebut di antara lain adalah Troubleshoot, Continue,Turn Off PC dan kamu bisa memilih opsi yang Trouble shoot.

Silahkan klik “Trouble Shoot” setelah itu pilih “Advanced” maka akan muncul berbagai pilihan di dalam menu Advance tersebut.

Menu yang harus kamu pilih adalah “Startup Settings” setelah itu restart perangkat komputer atau laptop milikmu.

Apabila telah selesai melakukan restart maka akan beberapa opsi Startup yang salah satunya adalah opsi fitur safe mode.

Dan kamu bisa memilih jenis safe mode apa yang ingin digunakan sama seperti dengan metode yang telah kami jelaskan pada cara di atas.

Masuk Melalui Tombol F8

tombol F8

Cara ini merupakan cara yang paling umum dan bisa dibilang sering digunakan oleh pengguna ketika komputer sedang terjadi masalah.

Untuk masuk ke dalam fitur safe mode menggunakan cara ini terbilang cukup mudah dan tidak memerlukan langkah-langkah yang rumit.

Kamu hanya perlu menekan tombol F8 pada keyboard selama beberapa kali ketika sedang terjadi proses booting lalu pilih jenis safe mode yang mau dipakai.

Namun, di dalam operasi sistem Windows 10 cara ini ternyata telah dihapuskan supaya mempercepat proses booting.

Kamu tidak perlu khawatir karena ternyata ada trik khusus yang bisa dilakukan agar cara ini bisa kembali bekerja dengan efektif.

Adapun trik khusus yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali cara ini adalah silahkan klik kanan pada tombol start.

Kemudian silahkan pilih “Command Prompt (admin)” setelah itu pilih “Yes” apabila muncul peringatan kemudian tuliskan bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy.

Setelah itu pilih “Enter” dan langsung restart perangkat komputer ataupun Laptop milikmu dan tombol F8 ini sudah bisa bekerja kembali.

Jadi, ketika sedang melakukan booting maka kamu bisa langsung saja menekan tombol F8 pada keyboard maka langsung masuk ke dalam safe mode.

Nah, itu dia tiga cara yang bisa dilakukan untuk masuk ke dalam safe mode Windows 10 dengan mudah dan tentunya cepat.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video PC

Penutup

Cukup sekian pembahasan pada kali ini mengenai safe mode Windows 10 serta bagaimana cara untuk masuk ke dalam safe mode.

Adanya fitur safe mode di dalam sistem operasi windows ini mempunyai banyak tujuan seperti mendeteksi virus, memeriksa kerusakan sistem, dll.

Semoga penjelasan yang kami berikan di dalam artikel ini bisa untuk dimengerti dan bermanfaat bagi yang membacanya.

Rate this post

Domino Koin Gratis

Nabila Rahmadhani
4 min read

Logo Iphone FF

Nabila Rahmadhani
3 min read
error: Alert: Content is protected !!