Strategi Implementasi PMP 2019

Strategi Implementasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) tahun 2019 akan dibagi menjadi dua tahapan yang terdiri dari:

  1. Penyiapan SDM. Tahapan ini berisi kegiatan pelatihan instruktur nasional, pelatihan fasilitator daerah, dan pelatihan pengawas yang akan ditugaskan dalam pelaksanaan pengumpulan data mutu.
  2. Membangun Kerjasama. Tahapan ini berisi kegiatan Sosialisasi dan pengembangan MoU kepada Pemerintah dalam usaha peningkatan capaian mutu pendidikan, pengembangan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD), dan pengembangan dukungan Pemerintah Daerah.
  3. Pengembangan Sekolah Binaan. Pada tahapan ini akan dilakukan pelatihan dan pendampingan PMP pada sekolah binaan yang pada akhirnya akan dikembangkan menjadi contoh dan pusat sumber belajar.
  4. Pembuatan Peta Mutu. Tahapan ini akan diawali dengan kegiatan pengumpulan data mutu pada tingkat satuan pendidikan. Data mutu ini akan dikembangkan menjadi Rapor Mutu Sekolah yang selanjutnya akan dianalisis dan dikembangkan rekomendasi peningkatan mutu yang harus dilakukan oleh sekolah.
  5. Pembinaan Peningkatan Mutu. Tahapan ini berisi kegiatan supervisi mutu, fasilitasi mutu dan pendampingan sekolah dalam rangkan peningkatan mutu sekolah.
  6. Monitoring dan Evaluasi. Kegiatan ini dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan rangkaian kegiatan Pemetaan Mutu dalam mengukur Pemenuhan Capaian SNP di Sekolah.